>> Artikel Kesehatan

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Mengapa P3K Diperlukan

Isi kotak obat tentunya berbeda-beda bagi setiap rumah. Misalnya saja bagi rumah tangga yang memiliki bayi, tentu sebaiknya menyediakan obat-obatan untuk bayi.

Pernahkah Anda di tengah malam terserang flu atau demam, serangan yang menyebabkan kedinginan, meriang, sakit kepala atau hidung tersumbat serta gejala lain yang mungkin mengikutinya? Ingin menghangatkan tubuh dengan minyak angin atau meredakan sakit kepala namun sama sekali tidak memiliki persediaan obat. Karenanya, sangat penting mengisi persediaan kotak obat di rumah untuk segera mengatasi serangan flu atau penyakit lain.

Bila menderita penyakit tertentu, tidak selamanya kita harus berobat ke dokter. Beberapa jenis penyakit dapat diatasi sendiri. Bila terserang penyakit ringan, pertama-tama gunakan dahulu obat dasar, yakni obat-obatan yang dapat dibeli di apotek atau toko obat tanpa harus menggunakan resep dokter.

Selain itu, banyak kecelakaan ringan yang mungkin terjadi di rumah tangga, seperti: keracunan makanan atau minuman, terjatuh, tersayat, terkena air panas, memar akibat benturan, tersiram minyak panas atau masakan yang masih panas, dll. Bila hal tersebut terjadi, obat dasar tidak hanya akan menjadi pertolongan pertama melainkan juga berguna untuk mencegah semakin parahnya luka atau penyakit akibat kecelakaan-kecelakaan tersebut.

Isi kotak obat tentunya berbeda-beda bagi setiap rumah. Misalnya saja bagi rumah tangga yang memiliki bayi, tentu sebaiknya menyediakan obat-obatan untuk bayi. Bila dalam keluarga ada yang mengidap penyakit asma maka sebaiknya menyediakan obat untuk penderita asma. Jadi, simpanlah obat sesuai kebutuhan dan riwayat keluhan setiap penghuni rumah. Selain persediaan obat-obatan, dibutuhkan juga pengetahuan untuk mengatasi kecelakaan ringan dan gangguan kesehatan sebelum mendapatkan pertolongan dari paramedis.

Yang Biasanya Perlu Ada dalam Kotak Obat

Obat dasar yang dibutuhkan adalah obat demam, obat sakit kepala, obat pilek, obat batuk, obat pegal, obat untuk gigitan serangga, obat diare, obat gosok, plester, kasa, kapas, obat cacing, obat anti-alergi, obat maag, dll. Obat yang disediakan harus dikelompokkan; obat yang dibeli sendiri atau obat yang didapatkan dengan resep dokter; obat anak-anak atau obat orang dewasa.

Tidak dianjurkan menyimpan obat dalam jumlah yang banyak karena belum tentu obat-obatan tersebut dipakai akan kadaluwarsa dalam waktu tertentu. Simpanlah obat dalam jumlah secukupnya; untuk dosis pertolongan pertama saja.

Menyimpan Kotak Obat

Akan lebih baik bila obat-obatan dikumpulkan dalam satu kotak atau lemari yang mudah dijangkau sehingga bila dibutuhkan sewaktu-waktu akan mudah ditemukan. Untuk menjaga agar obat tidak mudah rusak, sebaiknya tidak ditaruh di tempat yang terkena matahari secara langsung. Sebaikya obat-obatan disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Obat juga perlu diberi label untuk mempermudah mengenali dan juga diberi tanggal pembelian.

Secara berkala, perlu dilakukan pengecekan tanggal kadaluarsa obat. Kotak tersebut perlu dikontrol dan dibersihkan secara periodik. Bila disimpan dengan baik maka dapat dicegah kerusakannya. Obat yang sudah rusak sebaiknya dibuang. Pembuangannya pun harus diperhatikan. Membuang obat rusak pada tempat yang tepat dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Sebelum membuang, seharusnya obat tersebut dihancurkan terlebih dahulu agar tidak terjadi penyalahgunaan kembali.

Kotak P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) tidak hanya diperlukan di rumah, tapi juga di mobil, khususnya bila akan mengadakan perjalanan ke luar kota. Tinggalkan juga catatan nomor yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Selain itu, perlu menyimpan di dalam kotak obat catatan riwayat alergi terhadap obat bersama dengan kartu identitas agar tidak diberikan di saat Anda berada dalam keadaan darurat.
INFO MEDIS >>  
 
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.Mau sehat? Hindari Nonton TV Berlebihan
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.
...Selengkapnya
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.Kondisi Tubuh Saat Lapar dan Kenyang
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif.Jinakkan Gigi Sensitif Saat Puasa
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif....Selengkapnya

Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas.Tips Rawat Luka Bernanah
Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.