>> Artikel Kesehatan

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Pahami Cidera Tangan Berikut

Untitled Document

Tangan merupakan salah satu organ yang sangat membantu kerja fisik manusia, seperti memegang, menahan, dan memanipulasi. Selain itu, pada tangan juga ditemui banyak sekali saraf, terbukti hampir setengah dari area pada otak digunakan untuk mengatur saraf yang ada pada tangan.

Agar tidak salah menyikapi keluhan rasa sakit pada tangan, sebaiknya Anda mengenal beberapa gangguan dan keluhan yang menimpa tangan berikut ini:

1. Repetitive Strain Injury (RSI)

RSI merupakan "cedera dari sistem muskuloskeletal dan saraf yang disebabkan oleh melakukan tugas yang berulang dengan pengerahan tenaga kuat, getaran, kompresi mekanik (menekan permukaan keras). RSI membuat adanya rasa nyeri pada bagian tangan yang terkena cedera.

Jika mengalami RSI sebaiknya Anda tidak melakukan pemijatan atau biasa dikenal dengan "urut", karena dapat mengakibatkan cedera menyebar, melainkan perlu diperiksakan pada dokter ortopedi.

2. Trigger Finger

Trigger finger merupakan gangguan pada saraf yang dikenal juga dengan istilah "saraf kejepit". Pada penyakit ini terdapat tendon fleksor yang terkunci sehingga mengakibatkan rasa nyeri. Penyakit ini disebabkan dari kesalahan posisi saat melakukan gerakan tertentu. Sama seperti RSI, sebaiknya Anda juga jangan memijatnya karena akan membahayakan keselamatan Anda sendiri.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome atau  sindroma terowongan karpal adalah cedera yang dialami saat terlalu banyak melakukan aktivitas jari seperti mengetik pada keyboard ataupun berolahraga. Yang membedakan penyakit ini dengan cedera lainnya adalah hanya dialami oleh jari telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis.

Carpal tunnel sejatinya merupakan saraf tengah yang membuat manusia dapat merasakan dan bergerak di bagian telapak tangan, jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis.

4. Patah Tulang

Diakibatkan kecelakaan seperti terjatuh. Ditandai dengan adanya rasa nyeri. Perlu dilakukan pemeriksaan sinar-X untuk mengetahui adanya pergeseran tulang atau keretakan tulang. Untuk penyakit ini, disarankan adanya tindakan operatif.

INFO MEDIS >>  
 
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.Mau sehat? Hindari Nonton TV Berlebihan
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.
...Selengkapnya
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.Kondisi Tubuh Saat Lapar dan Kenyang
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif.Jinakkan Gigi Sensitif Saat Puasa
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif....Selengkapnya

Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas.Tips Rawat Luka Bernanah
Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.