>> Artikel Kesehatan

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share

Suhu Tubuh Normal itu Beragam, loh!

Suhu rata-rata normal dan sehat seseorang adalah di 37 derajat celcius. Tetapi suhu tubuh seseorang akan bervariasi karena dipengaruhi oleh waktu pengukuran, tempat pengukuran, usia, dan metabolisme tubuhnya.

HD NexTempTubuh menunjukkan suhu paling rendah pada pagi hari dan paling tinggi pada senja hingga malam hari. Perbedaan suhu terendah ke tertinggi bisa mencapai 1,5 derajat celcius.

Pada anak-anak di bawah 12 tahun, suhu tubuh pada malam akan berkisar pada 37,4 derajat celcius. Tetap dianggap normal sepanjang masih berkisar di 36 sampai 38 derajat celcius.

Untuk memeriksa suhu badan, umumnya seseorang langsung menempelkan tangan di bagian dahi. Ternyata pengukuran dengan tangan tidak dapat diandalkan karena kondisi pengukur akan berpengaruh pada hasilnya. Pengukur yang menderita anemia atau memiliki metabolisme tubuh rendah cenderung lebih peka saat mengukur suhu tubuh orang lain.

Suhu Tubuh Normal itu Beragam, loh!Cara yang paling dianjurkan adalah menggunakan thermometer yang dapat dilakukan dengan empat cara. Pertama, oral temperature, yakni meletakkan termometer di bawah lidah. Termometer biasa yang menggunakan air raksa membutuhkan waktu tiga menit untuk mendapatkan hasil oral temperature. Bila menggunakan HD NexTemp yang menggunakan kristal cair, Anda akan memperoleh hasil pengukuran hanya dalam waktu satu menit.

Cairan dan sisa rokok di mulut akan mempengaruhi hasil pengukuran oral temperature. Sebaiknya lakukan pengukuran 10 sampai 15 menit setelah makan, minum, atau merokok terakhir kali.

Pengukuran kedua adalah auxiliary temperature yang didapatkan dengan meletakkan termometer di bagian ketiak. Termometer biasa membutuhkan 5 sampai 10 menit, sedangkan HD NexTemp hanya perlu 3 menit untuk menampilkan hasil pada pengukuran ini.

Dibandingkan dengan ketiga pengukuran lainnya, auxiliary temperature terhitung yang paling tidak akurat karena sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Termometer biasa yang kurang akurat dibandingkan HD NexTemp biasanya akan menampilkan perbedaan hingga 1 derajat Celcius di bawah oral temperature.

Cara yang ketiga dinamai rectal temperature karena pengukuran dilakukan di bagian rectum (anus). Termometer rectal dimasukkan sedalam 3 sampai 4 cm ke dalam anus selama kurang lebih tiga menit. Hasil pengukurannya lebih tinggi 0,4 sampai 0,5 derajat celcius dari oral temperature.

Telinga juga bisa menunjukkan suhu badan seseorang, loh! Namanya thimpanic membrane temperature. Sebenarnya ini adalah cara pengukuran yang paling praktis, cepat, dan akurat. Tetapi, seperti namanya, pengukuran ini tidak dianjurkan bagi orang awam yang tidak mengetahui anatomi telinga. Bagaimana pun, pengukuran ini berurusan dengan bagian pendengaran yang vital.

Umumnya, thimpanic membrane temperature akan menunjukkan perbedaan hingga 0,8 derajat celcius lebih tinggi daripada oral temperature. Hasil akurat akan didapatkan bila termometer diarahkan dengan tepat ke bagian membrane tympani (selaput suara).

Deskripsi keempat pengukuran itu cukup menjelaskan mengapa oral temperature dan auxiliary temperature menjadi pilihan untuk pemakaian rumah tangga. Jangan lupa untuk mencuci termometer Anda setiap selesai digunakan.

INFO MEDIS >>  
 
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.Mau sehat? Hindari Nonton TV Berlebihan
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.
...Selengkapnya
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.Kondisi Tubuh Saat Lapar dan Kenyang
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif.Jinakkan Gigi Sensitif Saat Puasa
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif....Selengkapnya

Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas.Tips Rawat Luka Bernanah
Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.